Sinopsis Chinese Movie One Week Friends Part 4 [FINAL]

 

Xiang Zhi tahu kalau mereka pasti sulit memaafkannya, dia juga sulit memaafkan dirinya sendiri, tapi dia memohon pada Xiao Nan dan Jiang Wu untuk tetap merahasiakan kebenaran ini dari You Shu, dia tidak mau You Shu menghadapi penderitaan itu lagi. Xiang Zhi janji bahwa dia pasti akan segera pergi dan menghilang dari hidup You Shu setelah ujian masuk universitas selesai nanti.

Prihatin, Xiao Nan langsung memeluknya dan berusaha menyemangatinya, "Xiang Zhi, aku tidak mengenal Xu Jie, tapi kau harus tahu bahwa semua ini bukan salahmu."

 

Sejak saat itu, Xiao Nan dan Jiang Wu pun membantu Xiang Zhi untuk menjauhkan You Shu darinya. Pada malam tanggal 21 Desember 2012, You Shu sebenarnya ingin mendekati Xiang Zhi, tapi Xiang Zhi bergegas pergi. 

Xiao Nan dan Jiang Wu pun cepat-cepat menarik You Shu ke rooftop, sesuai rencana mereka untuk menghadapi hari kiamat bersama-sama, hanya saja rencana mereka kali ini harus dilewati tanpa kehadiran Xiang Zhi. 

Xiao Nan benar-benar serius menghadapi kiamat sampai Jiang Wu geli melihatnya, tapi tentu saja tidak ada kejadian apa pun yang terjadi. You Shu bertanya-tanya apakah Xiang Zhi ingat rencana mereka hari ini.

Tentu saja Xiang Zhi ingat, malah sebenarnya dia juga sedih tidak bisa ikut, tapi dia terpaksa harus melakukannya demi menghindari You Shu. Xiao Nan dan Jiang Wu mengingatkan You Shu untuk berhenti memikirkan Xiang Zhi mulai sekarang dan fokus belajar saja, ujian mereka kurang dari 6 bulan lagi.

5 bulan berlalu, hari ini mereka akhirnya menghadapi ujian masuk universitas. Usai ujian, Jiang Wu malah melihat Xiao Nan dikasih buket bunga oleh seorang cowok lain, dan itu sontak membuatnya cemburu. You Shu sudah ditunggu ibunya di gerbang sekolah, hanya Xiang Zhi seorang yang sendirian.

Malam harinya, Jiang Wu mengajak Xiao Nan makan malam berdua dan akhirnya dia berterus terang mengakui perasaannya terhadap Xiao Nan. Xiao Nan tentu saja senang, tapi... kenapa Jiang Wu tidak menyatakan cinta lebih cepat, Xiao Nan sudah memutuskan mau pergi ke Australia.

Aww, Jiang Wu sedih mendengarnya. Namun tidak masalah, Xiao Nan pergi saja mengejar impiannya, Jiang Wu janji akan menunggunya. Mereka bisa tetap berhubungan lewat chat atau video call dan lain sebagainya. Baiklah, Xiao Nan pun setuju untuk menjadi pacarnya.

 

Keesokan harinya, Jiang Wu nongkrong di kolam renang bersama You Shu, membicarakan ujian kemarin. You Shu percaya kalau dia bisa lulus walaupun mungkin dia hanya bisa masuk universitas biasa.

Tapi... dia masih bertekad ingin menemui Xiang Zhi dan ingin mendaftar di universitas di kota yang sama dengan Xiang Zhi. Frustasi, Jiang Wu berusaha meyakinkan You Shu untuk melupakan Xiang Zhi, menemuinya itu buang-buang waktu saja. Dia bahkan berusaha mengancam You Shu untuk berhenti menemui Xiang Zhi jika You Shu masih menganggapnya sebagai teman.

Terang saja You Shu jadi emosi dibuatnya, mengira Jiang Wu membenci Xiang Zhi karena penyakit amnesianya. Kedua teman itu sontak saling tonjok-tonjokkan... hingga keduanya oleng dan akhirnya tercebur ke kolam bersama, dan di saat inilah ingatan masa lalu You Shu akhirnya mulai kembali.

 

Tapi dia masih bingung, maka begitu mereka keluar dari kolam, dia langsung menuntut penjelasan Jiang Wu tentang Xu Jie. Terpaksalah Jiang Wu akhirnya berterus terang memberitahu You Shu bahwa Xiang Zhi berencana pergi karena tidak ingin menyakiti You Shu lagi.


Akhirnya mengingat semua masa lalunya, You Shu bergegas pergi mencari Xiang Zhi, tapi malah diberitahu Bibinya Xiang Zhi bahwa Xiang Zhi baru saja pergi. You Shu sontak panik mengejarnya, sayangnya dia gagal, Xiang Zhi sudah naik bis sedari tadi. 


Xiang Zhi juga sebenarnya sedih, bahkan sepanjang perjalanan, dia harus berusaha keras menahan isak tangisnya. Dia bahagia bisa bertemu lagi dengan You Shu dan mengenal Jiang Wu dan Xiao Nan, tapi dia harus pergi demi kebaikan You Shu. Dia bahkan mengganti nomor teleponnya, memutuskan hubungan dengan semua orang.

Sejak itu, You Shu terus menerus mengurung diri di kamarnya. Dia bahkan keukeuh menolak membuka pintu saat Jiang Wu datang. Jiang Wu mengerti kalau You Shu marah padanya karena dia menyembunyikan kebenarannya dari You Shu, tapi...

"Apa kau tahu apa kebenaran yang sesungguhnya? Yaitu kami semua sangat peduli padamu. Kami tidak ingin mengganggumu agar kau bisa fokus ujian."

Jiang Wu memberitahu bahwa Observatorium sebentar lagi akan diruntuhkan, dia dan Xiao Nan tadi membersihkan barang-barang mereka yang ada di sana. Karena itulah, dia datang untuk menyerahkan sesuatu pada You Shu sekaligus mau pamitan.

Barang yang dia maksud ternyata foto kenangan mereka berempat yang di belakangnya tertulis 'Orang yang paling kita hargai, tak peduli di mana pun mereka berada, kenangan akan mereka akan selalu tersimpan'.


Beberapa waktu kemudian, You Shu akhirnya pergi menziarahi makam Xu Jie dan kebetulan bertemu dengan Adiknya Xu Jie. Setelah sekian lama, You Shu akhirnya mengunjungi Keluarga Xu Jie untuk meminta maaf.

 Kemarahan keluarga Xu Jie sekarang sudah mulai mereda dan sudah bisa mengikhlaskan kepergian putri mereka, mereka bahkan memberinya sebuah kotak yang berisi foto-foto persahabatan mereka bertiga dan surat yang ditujukan untuk You Shu. Semua ini adalah kenangan mereka, jadi Ibunya Xu Jie menyuruh You Shu untuk menyimpannya.

Ayahnya Xu Jie bahkan mengundangnya makan malam bersama mereka dan memberitahunya bahwa Xiang Zhi sering datang kemari, hanya saja Xiang Zhi tidak pernah berani masuk.

Memang sulit menerima fakta bahwa Xu Jie sudah tiada, mereka sekeluarga juga masih sulit menerimanya, akan tetapi, Ayah tidak ingin You Shu dan Xiang Zhi menderita karena insiden ini. Karena itulah, Ayah meminta mereka berdua untuk move on dan menjaga diri mereka sendiri dengan baik. You Shu sontak menangis sedih mendengarnya.

Suatu hari, Xiang Zhi menerima paket yang ternyata buku diary kiriman dari You Shu di mana dia mengaku bahwa dia sudah mengingat segalanya, sekaligus mengakui perasaannya pada Xiang Zhi yang ternyata sudah sejak lama.

Xiang Zhi-lah yang selalu dia sukai sejak mereka pertama kali bertemu dulu, Xiang Zhi-lah yang selalu dia perhatikan. Bahkan saat dia membonceng Xu Jie, dia tahu kalau Xiang Zhi sedang bersembunyi di balik pohon, dan dia sengaja membonceng Xu Jie sebenarnya hanya supaya dia bisa tanya-tanya tentang Xiang Zhi.


Dia mengaku sudah mengunjungi Xu Jie dan keluarganya, dia juga sudah membaca surat yang Xu Jie berikan untuknya. Dalam suratnya, Xu Jie menulis segala hal yang ingin dia lakukan bersama mereka setelah lulus nanti. 

Xu Jie bilang bahwa dia ingin menyalakan kembang api bersama mereka, ingin melihat salju bersama mereka, ingin minum-minum untuk pertama kalinya bersama mereka, ingin keliling dunia bersama mereka.

Tapi You Shu tahu bahwa mereka butuh waktu untuk pulih, karena itulah dia memutuskan untuk tidak menekan Xiang Zhi dan membiarkan Xiang Zhi sendiri dulu sekarang sampai nantinya Xiang Zhi mau mengakui bahwa mereka adalah teman. 

Dia juga menyertakan kalung bintangnya Xu Jie di dalam paketnya karena dia tahu betul kalau kalung itu sangat penting artinya bagi Xiang Zhi.

Buku diary itulah yang akhirnya membuat Xiang Zhi mantap untuk kembali ke You Shu. Tapi setibanya di rumah You Shu, dia diberitahu Ibunya You Shu bahwa You Shu sekarang pergi ke sekolah karena hari ini Observatoriumnya akan dihancurkan hari ini.

Xiang Zhu sontak berlari secepatnya kembali ke sekolah, berpapasan dengan beberapa tukang yang naik turun, tapi di mana You Shu? Dia tidak terlihat di mana-mana.

"Xiang Zhi!" Teriak You Shu yang ternyata sedang memperhatikan Xiang Zhi dari belakang.

Akhirnya mereka bisa bertemu kembali tanpa ada kebohongan di antara mereka. Xiang Zhi benar-benar minta maaf karena menyembunyikan masalah ini dari You Shu, tapi You Shu sama sekali tak mempermasalahkannya, dia mengerti bahwa Xiang Zhi melakukan ini untuknya, malah dia yang harus berterima kasih karena Xiang Zhi ada untuknya di saat seperti ini.

"Terima kasih karena telah mengirimkan kalung ini padaku. Aku akan memakainya untuk mengalami segala pengalaman yang belum pernah Xu Jie alami, pergi keliling dunia, melihat salju yang belum pernah dia lihat. Aku akan memakainya untuk menyelesaikan segala hal yang belum pernah dia lakukan."

"Xiang Zhi, tidak semua luka bisa disembuhkan, tapi kita bisa menghadapinya bersama. Kali ini, izinkan aku menemanimu."

Xiang Zhi setuju dan You Shu pun langsung memeluknya erat. Malam harinya, empat sekawan berkumpul di rooftop dan menyalakan kembang api untuk memenuhi keinginan Xu Jie. Xiang Zhi benar-benar berterima kasih pada mereka yang telah bersedia menjadi teman satu minggunya.

"Kenangan kita adalah masa lalu kita, tapi itulah yang membuat kita menjadi diri kita yang sekarang. Kita tumbuh bersama luka kita, luka yang memberi arti dalam hidup kita. Aku yakin kau pasti sedang melihat kembang api ini di suatu tempat, Aku merindukanmu. Kembang api hanya menyala sesaat, tapi persahabatan kita akan bertahan selamanya. Terima kasih telah memahamiku, mempercayaiku dan menerimaku. Kita akan selalu menjadi teman satu minggu."

~THE END~

Post a Comment

0 Comments