Sinopsis 365: Repeat The Year Episode 1 - 2

Sinopsis 365: Repeat The Year Episode 1 - 2

Ternyata sejak kejadian malam itu, Hyung Joo belum kembali bekerja di kepolisian. Malah saat akhirnya dia mencoba kembali ke kantor polisi hari itu, tiba-tiba dia seolah melihat Sun Ho di mana-mana, memanggil-manggil namanya seperti dulu.


Bayangan-bayangan kenangan itu benar-benar membuatnya begitu frustasi hingga saat Detektif Ho memanggilnya, dia sontak membentaknya, mengira bayangan Sun Ho lagi yang memanggilnya.


Detektif Heo berusaha menasehatinya untuk ke rumah sakit dan melakukan konseling agar dia bisa kembali bekerja seperti dulu. Tapi Hyung Joo tiba-tiba memutuskan untuk mengundurkan diri saja dan langsung menyerahkan surat pengunduran dirinya.

Tapi Detektif Heo tidak mau terima dan langsung merobek surat itu. Operasinya Oh Myung Chul ternyata berhasil, jadi kasusnya diproses dan dia akan dipenjara. Tapi kenapa Hyung Joo malah hidup seperti ini?

Kalau Hyung Joo tidak mau ke rumah sakit, Detektif Heo menyarankannya untuk mendatangi sebuah tempat bernama Zian saja dan berkonsultasi dengan seorang psikiater di sana. Psikiater itu terkenal sangat hebat di bidangnya, bahkan sangat sulit membuat janji temu. Detektif Heo akan membantunya jika dia mau.


Tapi keputusan Hyung Joo sudah bulat dan langsung pergi. Saat dia duduk di taman bersama Maru, tiba-tiba dia mendapat telepon dari seorang wanita asing yang tanpa basa-basi memberitahunya bahwa besok jam 11.34, kereta KTX 738 dari Busan akan anjlok. Dari total penumpang 387, 58 terluka dan 2 meninggal. Tapi tentu saja telepon itu terdengar terlalu absurd baginya, jadi Hyung Joo tidak terlalu memikirkannya.


Tapi keesokan harinya saay Hyung Joo bangun tidur, berita di TV tiba-tiba menyiarkan kecelakaan kereta KTX 738 dari Busan anjlok dengan total penumpang 387, 58 orang terluka dan 2 meninggal... sama persis seperti ramalan si wanita asing di telepon kemarin. Hyung Joo shock mendengarnya.

Tepat saat itu juga, teleponnya berbunyi dari si wanita asing itu lagi. Terang saja Hyung Joo jadi mengira kalau wanita itulah penyebab kecelakaan itu. Wanita itu santai mengingatkan Hyung Joo bahwa Hyung Joo bisa saja salah memahaminya seperti itu, tapi dia tidak mungkin bisa memperkirakan jumlah korbannya dengan tepat.

Dia bisa mengetahuinya bukan karena dia punya kekuatan super atau semacamnya, melainkan karena dia punya pengalaman istimewa. "Saat tanggal tertentu tiba, aku kembali ke masa lalu dan mengulangi hidupku." Ujar wanita itu.

Dia sudah pernah melihat berita hari ini, makanya dia bisa mengetahui kecelakaan hari ini. Dan alasan dia memberitahukan masalah ini pada Hyung Joo adalah karena dia akan memberi Hyung Joo kesempatan untuk kembali ke masa lalu. Datanglah hari sabtu nanti.

Dia lalu mengirimkan link sebuah tempat bernama Klinik Zian. Ah! Ini kan klinik yang pernah direkomendasikan Detektif Heo.


Pada hari yang ditentukan, Hyung Joo benar-benar datang ke tempat misterius itu. Saat dia diantarkan masuk, dia bertemu dengan Ga Hyun. Tapi tentu saja dia tidak mengenali Ga Hyun karena gagal bertemu dengannya saat acara fan signing waktu itu.


Selain Hyung Joo dan Ga Hyun, ada 9 orang lainnya yang datang. Wanita misterius masuk paling belakangan setelah semua orang berkumpul dan memperkenalkan dirinya adalah psikiater Lee Shin.

Seorang wanita karir bertanya apakah benar mereka benar-benar bisa kembali ke masa lalu, dan Lee Shin membenarkannya. Mereka benar-benar bisa kembali ke masa lalu dan mengulang kembali hidup mereka, tapi dengan beberapa peraturan.  Dia menyebut ini sebagai reset.

Dia menemukan celah pada ruang dan waktu untuk kembali ke masa lalu. Akan tetapi, mereka tidak akan kembali secara fisik, melainkan pikiran merekalah yang akan melewati celah ruang dan waktu untuk kembali ke tubuh masa lalu mereka.

Hyung Joo heran, peluang sehebat itu, kenapa hanya dia berikan pada mereka saja? Shin mengaku kalau dia sebenarnya tidak punya kriteria khusus dalam memilih mereka. Dia hanya menelepon secara acak, dan hanya mereka ber-11 yang memercayainya dan datang hari ini.

Tapi jika mereka merasa tidak nyaman, mereka boleh pergi sekarang. Tapi itu artinya, mereka tidak siap untuk merasakan keberuntungan kembali ke masa lalu. Seorang gamer tanya apa aturan yang Shin sebutkan tadi.


"Kalian hanya bisa kembali tepat setahun sebelum hari ini." Ujar Shin.

Lebih tepatnya, mereka akan kembali tanggal 11 Januari 2019, pukul 10.00. Seorang bapak protes karena percuma saja kalau cuma kembali ke masa setahun yang lalu, akan jauh lebih baik jika bisa kembali ke masa mudanya.

Tapi Shin meyakinkan si bapak bahwa banyak hal yang bisa ia ubah dalam waktu satu tahun. Seperti misalnya... lotre. Kebetulan hari ini lotre akan diundi. Dia langsung saja menyalakan TV yang menyiarkan acara pengundian lotre dan menyebutkan nomor-nomor yang akan keluar sebagai pemenangnya dan semua prediksinya tepat.

Beberapa pria langsung berniat mau mencatat nomor-nomor itu, tapi shin melarang karena tidak akan bisa membawa benda apapun jika mereka kembali ke masa lalu. Hanya ingatan mereka yang akan kembali. Jadi mereka ingat-ingat saja hal-hal yang mereka anggap penting untuk dibawa kembali ke masa lalu.


"Lalu... bagaimana dengan bayiku?" Tanya salah seorang wanita yang sedang hamil besar.

"Karena waktu mundur setahun, bayi itu belum ada di rahimmu."

"Itu artinya, bayiku tidak akan ada?"

Shin membenarkannya. Silahkan mereka buat keputusan mereka sendiri, dia akan menghargai apapun keputusan mereka. Siapapun yang berminat, harap datang lagi hari sabtu yang akan datang.

 

Usai pertemuan itu, Hyung Joo mengunjungi makan Sun Ho dan mengenang kembali pertemuan pertama mereka dulu, saat dia baru mulai bekerja jadi polisi. Dan kenangan saat Sun Ho menyelamatkannya dari seorang penjahat hingga dia tertusuk. Dan semua kenangan itu akhirnya membuat Hyung Joo memutuskan untuk melakukan itu dan menyelamatkan hidup Sun Ho.


Pada hari sabtu, hanya 10 orang yang kembali. Si wanita hamil memutuskan tidak mengambil kesempatan ini, jelas karena dia tidak ingin kehilangan bayinya.

Shin to the point mengumumkan bahwa mereka akan langsung berangkat. Tapi dia menginstruksikan mereka untuk kembali ke tempat ini satu minggu setelah mereka kembali ke masa lalu untuk memastikan tidak masalah dalam reset mereka.

Tak lama kemudian, mereka semua berangkat dengan mobil limusin tanpa supir. Tak ada seorang pun yang bersuara sepanjang perjalanan. Ada yang cuma melamun, ada yang tertidur, ada yang berusaha mengingat hal-hal yang perlu diingat, ada yang mendengarkan musik, dll.


Mobil itu terus melaju hingga tiba di daerah pedalaman hingga mobil itu terjun ke jurang dan membuat para penumpangnya terlontar dari kursi. Dan begitulah bagaimana kemudian kita melihat kembali adegan opening di mana orang-orang itu terjatuh di berbagai tempat yang berbeda-beda, sebelum kemudian terbangun kembali dan mendapati diri mereka sudah kembali ke masa satu tahun yang lalu.


Lucunya, Hyung Joo terbangun tepat saat dia sedang berhadapan dengan dua orang preman yang langsung menghajarnya. Untung saja dua rekannya cepat datang untuk menyelamatkannya dan meringkus kedua preman itu.

Kembali ke kantor polisi, Hyung Joo langsung mencari Sun Ho. Dia sempat khawatir saat melihat mejanya masih kosong, tapi tiba-tiba saja seseorang mencengkeram lehernya dari belakang.

Hyung Joo refleks melepaskan diri dan hampir saja marah, tapi langsung terdiam saat melihat Sun Ho lah yang menyerangnya. Hyung Joo begitu terharu melihatnya masih hidup hingga dia hanya terdiam menatapnya dengan mata berkaca-kaca... Sebelum kemudian memeluknya erat-erat dan menolak melepaskannya biarpun Sun Ho protes.

Bersambung ke part 3

Post a Comment

0 Comments